Klasifikasi Lengkeng dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Lengkeng/Kelengkeng dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Rosids
Ordo: Sapindales
Famili: Sapindaceae
Genus: Dimocarpus
Spesies: D. longan

Pohon lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1-20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5-20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.

Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), 4-80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm.

Buah bulat, coklat kekuningan, hampir gundul; licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna putih dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terkadang berbau agak keras.

Manfaat Buah Lengkeng Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Gangguan Tidur

Kombinasi dari senyawa-senyawa fitokimia yang terkandung dalam buah kelengkeng bermanfaat untuk mengendurkan saraf. Buah kelengkeng memberikan rasa tenang sehingga berkhasiat untuk mengatasi rasa gelisah, susah tidur dan juga sulit berkosentrasi. Manfaat buah kelengkeng untuk mengatasi gejala kecemasan ataupun sulit tidur bisa dikurangi dengan mengonsumsi buah yang lezat ini.

2. Meningkatkan Energi

Buah kelengkeng memilki efek sedatif (menenangkan) yang bisa mengurangi debaran jantung yang terlalu keras. Kandungan karbohidrat kompleks (sukrosa) dan glukosa pada buah ini bisa meningkatkan energi, menambah tenaga, mengurangi rasa lapar hingga meningkatkan stamina.

3. Menyehatkan Usus

Protein yang terkandung pada kelengkeng dapat menyehatkan usus serta memperbaiki proses penyerapan makanan hingga melancarkan buang air kecil.

4. Memperkuat Limpa dan Meningkatkan Produksi Darah Merah

Manfaat buah kelengkeng yang lainnya adalah bisa memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan dan menambah tenaga. Karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan stamina setelah sakit. Selain itu, lengkeng juga bisa mencerahkan mata dan menjaga kesehatan kulit.

5. Mengurangi Sakit Kepala, Keputihan dan Hernia

6. Mampu Mengobati Sakit Perut

Ternyata cukup banyak juga ya manfaat kelengkeng untuk kesehatan. Karena itu mulai saat ini jangan ragu untuk mengonsumsi buah yang satu ini.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Lengkeng dan Manfaatnya | Saharuddin | 5