Klasifikasi Kesemek dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Kesemek dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Ebenaceae
Genus: Diospyros
Spesies: D. kaki

Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).

Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan

1. Kesehatan Mata

Beberapa senyawa dalam buah kesemek juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan mata.  Zeaxanthin, yang merupakan anggota dari vitamin B kompleks, secara langsung terkait dengan peningkatan kesehatan mata karena sifatnya sebagai zat antioksidan. Studi menunjukkan bahwa Zeaxanthin dapat mengurangi degenerasi makula, katarak, dan rabun senja.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kalium adalah mineral lain yang ditemukan dalam jumlah yang cukup signifikan dalam buah kesemek. Kalium dapat bertindak sebagai vasodilator, dan menurunkan tekanan darah, sehingga akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mencegah berbagai macam penyakit jantung.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Seiring dengan tekanan darah, kesemek juga menyediakan tembaga, yaitu merupakan elemen penting untuk pembentukan sel darah merah baru. Tanpa tembaga, tubuh tidak bisa menyerap nutrisi penting untuk pembentukan hemoglobin tambahan. Peningkatan sirkulasi sel darah merah yang sehat akan meningkatkan fungsi kognitif, otot, metabolisme, peningkatan energi,  penyembuhan luka dan pertumbuhan sel.

4. Meningkatkan Metabolisme 

Kesemek mengandung beberapa unsur dari vitamin B kompleks, seperti piridoksamin, asam folat (vitamin B9), dan thiamin, yang merupakan bagian penting dari berbagai macam proses enzimatik dan fungsi metabolisme dari seluruh tubuh. Dengan demikian akan menjaga tingkat sistem metabolisme tubuh berfungsi secara efisien dan efektif.

5. Anti Penuaan Dini

Kesemek kaya akan beberapa vitamin, khususnya vitamin A, beta-karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthins. Ini semuanya juga dapat berfungsi sebagai antioksidan, khusus untuk mengurangi stres oksidatif dan mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti keriput, bintik-bintik hitam akibat usia, serta mencegah penyakit Alzheimer (pikun), kelelahan, penglihatan, kelemahan otot, dan kondisi lainnya.

6. Pencegahan Kanker

Buah kesemek mengandung zat agen anti-kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat bermutasi dari sel-sel sehat menjadi sel kanker atau dapat menimbulkan kerusakan sistem organ. Antioksidan dalam buah kesemek bertugas untuk menemukan radikal bebas dan menghilangkannya dari tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan melindunginya terhadap berbagai macam penyakit. Kesemek mengandung tinggi vitamin C dan vitamin A, serta senyawa fenolik seperti katekin dan gallocatechins, yang langsung terkait ke pencegahan berbagai jenis kanker.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Karena kualitas sifat antioksidan dan pencegahan kanker, buah kesemek juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh jauh. Kesemek mengandung salah satu yang tertinggi yaitu asam askorbat (vitamin C), dan dapat memenuhi sekitar 80% dari kebutuhan harian nutrisi ini. Vitamin C bermanfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan garis depan dari pertahanan tubuh terhadap mikroba, virus, dan infeksi jamur, serta benda asing atau zat beracun.

8. Menyehatkan Pencernaan

Seperti kebanyakan buah-buahan, kesemek juga merupakan sumber serat yang baik, yaitu mengandung hampir 20% dari kebutuhan harian. Serat akan membantu proses pencernaan makanan yang lebih efisien, dengan merangsang gerak peristaltik untuk memindahkan makanan melalui saluran pencernaan, meningkatkan sekresi lambung dan cairan pencernaan, dan mengurangi gejala sembelit maupun diare. Secara keseluruhan, buah yang tinggi serat seperti kesemek bisa menjadi pendorong utama bagi kinerja sistem pencernaan, dan dapat melindungi dari kanker kolorektal dan penyakit sejenis lainnya. Kesemek juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan cara membantu penyerapan lipid, yang dapat menyebabkan obesitas.

9. Anti Tumor

Seiring dengan sifat antioksidan yang dapat mengurangi kemungkinan resiko kanker, kesmek juga dapat menurunkan risiko perkembangan tumor. Kesemek mengandung asam betulinic, yang terbukti merupakan senyawa anti-tumor. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan terkena tumor dengan jalan menginduksi apoptosis. Jika Anda sudah memiliki tumor, makan buah kesemek dapat mengurangi ukuran dan menghentikan perkembangannya menjadi kanker.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Kesemek dan Manfaatnya | Saharuddin | 5