Klasifikasi Mengkudu dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Mengkudu dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Asterids
Ordo: Gentianales
Famili: Rubiaceae
Genus: Morinda
Spesies: M. citrifolia

Mengkudu (Morinda citrifolia) atau keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk (Madura); tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni (Hawaii), nono (Tahiti), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar) dan ach (Hindi).

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Karena itu, mengkudu sering ditanam di dekat rumah di pedesaan di Aceh. Selain itu mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

1.   Untuk memulihkan PMS (Premenstrual Syndrome)

Wanita yang lebih sensitif dan rentan marah ketika menjelang menstruasi dikarenakan adanya perubahan hormon dapat diminimalisir oleh buah mengkudu yang memiliki senyawa-senyawa aktif yang membantu menenangkan emosi sehingga anda tidak mengalami perubahan mood yang terlalu tinggi. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa buah mengkudu dapat membantu memulihkan beberapa penyakit termasuk mengatasi sindrom menstruasi.

2.   Untuk membantu menjaga kesehatan tulang

Buah mengkudu memiliki khasiat untuk penderita osteoporosis karena kandungan asam kapril, metil asetil, morindin, morindone, morindadiol dan sorandiyiol yang mampu meningkatkan kekuatan tulang. Bagi wanita dengan usia 40-50 memiliki kemungkinan tinggi dalam keropos tulang. Mengkonsumsi jus mengkudu secara teratur akan membantu anda dalam menjaga kesehatan tulang. Bagi anda yang belum terbiasa dapat mengkonsumsi olahan buah mengkudu dalam bentuk pil.

3.   Untuk kanker

Ancaman kanker pada wanita memang sangat menakutkan apalagi kanker payudara dan kanker serviks oleh kerena itu anda harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan anti kanker. Buah mengkudu merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk anti kanker, anda dapat mengkonsumsi jus buah mengkudu.

4.   Untuk kesehatan rambut dan kulit

Buah mengkudu berguna dalam menjaga kondisi rambut dan kulit. Bagi anda yang ingin menjaga kulit tetap kencang dan awet gosokan mengkudu dengan mengupasnya lalu dibilas sedangkan untuk kulit kepala adalah dengan menggosokannya pada kulit kepala.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Mengkudu dan Manfaatnya | Saharuddin | 5