Klasifikasi Ginkgo Biloba dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Ginkgo Biloba dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Ginkgophyta
Kelas: Ginkgoopsida
Ordo: Ginkgoales
Famili: Ginkgoaceae
Genus: Ginkgo

Ginkgo(Gingko Biloba) merupakan spesies tunggal dari salah satu divisio anggota tumbuhan berbiji terbuka yang pernah tersebar luas di dunia. Pada masa kini tumbuhan ini diketahui hanya tumbuh liar di Asia Timur Laut, namun telah tersebar luas di berbagai tempat beriklim sedang lainnya sebagai pohon penghias taman atau pekarangan. Bentuk tumbuhan modern ini tidak banyak berubah dari fosil-fosilnya yang ditemukan.

Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan

1. PMS

Ginkgo biloba juga berguna untuk mengurangi gejala emosional pada sindrom pramenstruasi, seperti perubahan suasana hati dan mudah marah. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

2. Masalah Seksual

Ginkgo biloba secara tradisional telah digunakan untuk mengobati masalah seksual. Meskipun mampu memberikan beberapa manfaat untuk masalah ini, namun penelitian lebih mendalam masih diperlukan.

3. Klaudikasio (claudication)

Ginkgo biloba diyakini memiliki manfaat bagi penderita klaudikasio, yakni kondisi kaki yang menyakitkan akibat terjadinya penyumbatan pada pembuluh arteri.

Herbal ini mendapat rating “A” dari NIH, artinya didukung oleh bukti ilmiah yang kuat.

4. Demensia

Ginkgo biloba juga mendapat rating “A” untuk pengobatan demensia. Ginkgo biloba bisa mengurangi gejala Alzheimer, tetapi belum jelas apakah sebanding dengan manfaat obat yang biasa diresepkan.

5. Daya Ingat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginkgo biloba dapat meningkatkan daya ingat (memori). Namun, hal ini masih belum pasti karena studi lain yang dilakukan oleh National Institute of Aging menemukan bahwa tidak ada perbaikan daya ingat pada partisipan studi.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Ginkgo Biloba dan Manfaatnya | Saharuddin | 5