Klasifikasi Bungur dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Bungur dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Myrtales
Famili: Lythraceae
Genus: Lagerstroemia
Linnaeus

Bungur (Lagerstroemia) adalah sejenis tumbuhan berwujud pohon atau perdu yang dikenal sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Bunganya berwarna merah jambu, bila mekar bersama-sama akan tampak indah.Perbanyakan anakannya dari biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai. Bijinya berbentuk bulat berwarna coklat sebesar kelereng. Selain itu bisa juga diperbanyak dengan pencangkokan.

Ada dua jenis bungur yang populer sebagai tanaman hias pekarangan: bungur biasa/besar/kebo (L. speciosa), pohon besar mencapai 8m, dan bungur jepang (L. faurieri, L. indica, dan hibrida keduanya) yang lebih kecil, berbentuk perdu. Bungur besar dulu juga banyak ditanam di pekuburan. Kini selain ditanam sengaja di pinggir jalan raya dan halaman rumah, juga banyak tumbuh liar di tepian sungai.

Manfaat Bungur Untuk Kesehatan

1. Mengobati Penyakit Kolesterol

Dalam tanaman Bungur, terutama dapat ditemukan senyawa aktif berupa flavonoid, saponin, dan tanin. Hampir semua jenis tanaman obat yang memiliki kandungan senyawa-senyawa tersebut, termasuk Bungur, memiliki efek farmakologi berupa antikolesterol, antihipertensi, dan antidiabetik.
Jadi, tidak hanya kolesterol jahat yang dapat dibasmi dengan tanaman Bungur, melainkan juga darah tinggi dan diabetes. Hasil ini terutama dicapai berkat peranan senyawa saponin dan tanin yang memicu metabolisme glukosa dan lemak dalam tubuh.
Pengobatan kolesterol dengan Bungur bisa dilakukan dengan menggodok daun Bungur sampai matang. Kemudian, tiriskan hasil rebusan daun Bungur tersebut.

Setelah dingin, minumlah air rebusan tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Anda harus konsisten meminumnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Mengatasi Obat Diabetes[dr].
Advertisement
Klasifikasi Bungur dan Manfaatnya | Saharuddin | 5