Klasifikasi Cempedak dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Cempedak dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae
Genus: Artocarpus
Spesies: A. integer

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian.

Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat.[1]

Dikenal secara luas sebagai cempedak atau campedak, buah ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti bangkong (cempedak hutan, bentuk liar di Malaysia)[2], baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa), cubadak hutan (Minangkabau) tiwadak (Banjar) dan lain-lain.

Manfaat Cempedak Untuk Kesehatan 

Cempedak Dapat Dijadikan Bahan Makanan Yang Lezat

Daging buahnya dapat dikonsumsi langsung ketika matang atau bisa digoreng seperti saat menggoreng pisang. Selain itu, buah cempedak bisa dijadikan kolak. Sedangkan daunnya bisa dimanfaatkan sebagai sayuran, dan bijinya dapat dikonsumsi pasca digoreng atau direbus seperti pada biji nangka.

Cempedak Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Mengingat kandungan vitamin A dalam cempedak cukup tinggi, maka buah yang satu ini dapat menjaga kesehatan mata.

Cempedak Dapat Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Sedangkan berkat tingginya vitamin C dalam buah cempedak, aka sudah tentu manfaatnya dapat menjaga saluran cerna dan mengontrol tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Cempedak dan Manfaatnya | Saharuddin | 5