Klasifikasi Ketepeng Cina dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Ketepeng Cina dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Upafamili: Caesalpinioideae
Bangsa: Cassieae
Upabangsa: Cassiinae
Genus: Senna
Spesies: S. alata

Ketepeng cina (Senna alata) adalah perdu yang tumbuh tegak yang berasal Amerika tropis yang masuk suku johar-joharan. Di Indonesia, tumbuhan ini dikenal dengan sebutan daun kupang, daun kurap, ketepeng, kupang-kupang, gelenggang (Melayu), ura'kap (Busang), ketepang badak, ki manila (Sunda), ketepeng kebo, ketepeng cina (Jawa), acon-aconan (Madura), saya mara, haya mara (Halamahera Utara), tabankun (Tidore) dan kupang-kupang (Ternate),Giti giti balanda ( Makassar ).

Manfaat Ketepeng Cinta Untuk Kesehatan

1. Panu, Kurap, Eksim

satu genggam daun ketepeng cina segar ditambah sedikit tawas ( atau 1 sendok makan kapur sirih ) dilumatkan, kemudian digosokkan kuat-kuat pada kulit yang sakit, 2 x sehari.

2. Sembelit 

daun muda segar 7 lembar ditambah 2 gelas air, didihkan sampai satu gelas, minum sekaligus.

3. Sariawan 

daun 4 lembar di cuci bersih lalu dikunyah dengan garam secukupnya  ( seperti mengunyah sirih ) selama beberapa menit, kemudian airnya ditelan ampasnya dibuang

4. Cacing Kremi pada Anak 

daun 7 lembar ditambah asam secukupnya ( untuk menghilangkan bau ) di tambah 2 sendok teh bubuk akar kelembak ( rheumofficinale baill ), direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi satu gelas, saring, sesudah hangat minum.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Ketepeng Cina dan Manfaatnya | Saharuddin | 5