Klasifikasi Tumbuhan Patah Tulang dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Tanaman Patah Tulang dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudikot
(tidak termasuk) Rosidae
Ordo: Malpighiales
Famili: Euphorbiaceae
Genus: Euphorbia
Spesies: E. tirucalli

Patah tulang (Euphorbia tirucalli) (Bahasa Sanskerta: saptala, satala, Marathi: sher-kandvel, Sunda: susuru, Jawa: kayu urip, pacing tawa, tikel balung, Madura: kayu jaliso, k. leso, k. langtolangan, k. tabar, Kangean: kayu potong adalah perdu yang tumbuh di wilayah iklim tropis semi-arid.

Patah tulang adalah tumbuhan perdu yang tumbuh tegak. Tingginya adalah 2-6 m dengan pangkal berkayu, bercabang banyak, dan bergetah seperti susu yang beracun.Tumbuhan ini memiliki ranting yang bulat silindris berbentuk pensil, beralur halus membujur, dan berwarna hijau. Setelah tumbuh sejengkal, akan bercabang dua yang letaknya melintang, demikian seterusnya sehingga tampak seperti percabangan yang terpatah-patah.

Daunnya jarang, berselang-seling,terdapat pada ujung ranting yang masih muda, dan berukuran kecil-kecil. Berbentuk lanset, panjangnya 7-22 mm, dan cepat rontok.Penumpu daun yang sangat kecil berkelenjar dan berbulu halus terletak pada bagian bawah daun.

Bunganya uniseksual,tersusun dalam mangkuk, warnanya kuning kehijauan, dan keluar dari ujung ranting.Biasanya, tumbuhan ini lebih banyak menghasilkan bunga jantan ketimbang bunga betina. Patah tulang berbunga pada bulan Oktober dan berbuah pada November-Desember dan penyerbukan dilakukan oleh serangga.

Manfaat Tanaman Patah Tulang Untuk Kesehatan

Patah Tulang Bermanfaat Untuk Kulit Tertusuk Duri Atau Terkena Pecahan Kaca

Olesi kulit atau tubuh yang tertusuk duri dengan getah patah tulang. Getah patah tulang dapat mengeluarkan duri-duri dari kulit.

Patah Tulang Bermanfaat Untuk Pengobatan Sakit gigi

Teteskan getah patah tulang pada gigi yang sakit dan berlubang. Lakukan 1 sampai 2 kali sehari. Hati-hati jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

Patah Tulang Untuk Pengobatan Tulang Patah

Gosokkan getah patah tulang pada kulit diatas tulang yang patah. Cara lainnya, giling halus kulit luar dahan patah tulang. Tempelkan hasil gilingan diatas tulang yang patah kemudian balut. Lakukan pengobatan dua kali sehari dengan mengganti pembalutnya.

Patah Tulang Untuk Mencegah Tahi Lalat Membesar

Gosok tahi lalat dengan air jeruk nipis, lalu olesi dengan getah patah tulang. Lakukan beberapa kali sehari dan jangan sampai terkena mata.

Patah Tulang Untuk Pengobatan Kapalan ( klavus ) Dan Kutil

Cuci bersih 1/2 kg dahan dan ranting patah tulang, lalu rebus dengan 4 liter air sampai tersisa 2 liter. Gunakan air rebusan untuk merendam bagian tubuh yang kulitnya menebal atau terdapat kutilnya saat hangat selama 1/2 jam. Setelah kulit kering, olesi kutil dengan lendir daun lidah buaya sampai merata. 
Dengan pengobatan ini, kapalan atau kutil dapat terlepas dengan sendirinya.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Tumbuhan Patah Tulang dan Manfaatnya | Saharuddin | 5