Klasifikasi Putri Malu dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Putri Malu dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Upafamili: Mimosoideae
Genus: Mimosa
Spesies: M. pudica

Putri malu atau Mimosa pudica adalah perdu pendek anggota suku polong-polongan yang mudah dikenal karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup/"layu" dengan sendirinya saat disentuh. Walaupun sejumlah anggota polong-polongan dapat melakukan hal yang sama, putri malu bereaksi lebih cepat daripada jenis lainnya. Kelayuan ini bersifat sementara karena setelah beberapa menit keadaannya akan pulih seperti semula.
Tumbuhan ini memiliki banyak sekali nama lain sesuai sifatnya tersebut, seperti makahiya (Filipina, berarti "malu"), mori vivi (Hindia Barat), nidikumba (Sinhala, berarti "tidur"), mate-loi (Tonga, berarti "pura-pura mati") . Namanya dalam bahasa Tionghoa berarti "rumput pemalu". Kata pudica sendiri dalam bahasa Latin berarti "malu" atau "menciut".

Manfaat Putri Malu Untuk Kesehatan

1. Susah tidur (Insomia)

Bagi orang yang menderita susah tidur, bisa mencoba merebus sebanyak 30-60 gram daum putri malu diminum airnay. Atau rasanya mungkin akan lebih enak kalau mencampur 15 gram daun putri malu denga 15 gram daun sawi langit (vemonia cinerea) dan 30 gram daun callincing lalu direbus dan airnya kemudian diminum.

2. Bronchitis Kronik

Penyakit bronchitis adalah merupakan salah satu penyakit paru-paru. Bagi yang punya penyakit, bisa merebus 60 gram akar putri malu dengan sebanyak 600 cc air, direbus dengan api kecil sehingga menjadi 200 cc. Lalu airnya dibagi untuk dua kali minum.

3. Rematik 

15 gram akar Mimosa pudica direndam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu. Kemudian ditempelkan ditempat yang sakit.

4. Hepatitis

Rebusan putri malu telah diuji mampu mencegah dan mampu mengobati hipetitis. Caranya dengan merebus putri malu sebanyak 10 gram dengan air 200 cc sampai mendidih selama 15 menit. Hasil rebusan diminum rutin.

5. Batuk Berdahak

Tanaman ini juga berkahsiat yang sedang batuk apalagi yang banyak dahaknya. Caranya rebus akar putri malu sebanyak 10-15 gram lalu airnya diminum.[dr].

Advertisement
Klasifikasi Putri Malu dan Manfaatnya | Saharuddin | 5