Klasifikasi Bekicot

Advertisement
Klasifikasi Bekicot - Bekicot itu sejenis siput darat. Bentuknya seperti keong yang ada di sawah-sawah. Bekicot sendiri biasanya banyak di jumpai di kebun-kebun atau di tempat yang lembab dan terdapat di semak-semak di sekitarnya.
Kerajaan : Animalia
Filum : Mollusca
Kelas : Gastropoda
Superfamili : Achatinoidea
Famili : Achatinidae
Upafamili : Achatininae
Genus : Achatina
Upagenus : Lissachatina
Spesies : A. fulica

Bekicot atau Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae.
Berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir semua penjuru dunia akibat terbawa dalam perdagangan, moluska ini sekarang menjadi salah satu spesies invasif terburuk di bumi, sehingga beberapa negara bahkan melarang pemeliharaannya sebagai hewan kesayangan/timangan termasuk Amerika Serikat. Hewan ini mudah dipelihara dan di beberapa tempat bahkan dikonsumsi, termasuk di Indonesia. Meskipun berpotensi membawa parasit, bekicot yang dipelihara biasanya bebas dari parasit.
Bekicot di luar negeri di kenal dengan nama escargots, terutama di Perancis. Orang Perancis sangat menyukai masakan dengan bahan baku ini, ada yang bilang salah satu cara untuk mengechek apakah restoran tersebut mempunyai masakan yang enak-enak adalah melalui menu ini dahulu. Di Indonesia hanya species Achatina fulica yang sering di jumpai dan paling banyak. Saat ini diketahui ada tiga subspesies bekicot:
Achatina fulica rodatzi Dunker, 1852
Achatina fulica sinistrosa Grateloup, 1840
Achatina fulica umbilicata Nevill, 1879
Bekicot di wilayah Indonesia memiliki nama daerah yang berbeda-beda: Jawa Tengah dan Jawa Timur biasa mengenalnya dengan Bekicot atau Siput. Jawa Barat biasanya mengenalnya dengan Keong Racun.
Menurut habitatnya Bekicot dibedakan menjadi 1. Habitat di Kebun biasanya Spesies Helix sp, Achatina Sp 2. Habitat di Sawah biasanya Keong Mas, Tutut,
Bekicot (Helix sp, Achatina Sp) berbeda dengan Keong mas, keong sawah atau tutut. Bekicot Keong mas, keong sawah, dan tutut sanagat berbahaya karena membawa parasit cacing yang berbahaya bagi manusia, dapat menyebabkan radang otak (meningitis).

Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan

Lendir bekicot atau yang biasa di sebut keong racun di daerah gue ini ternyata memiliki banyak manfaat loh! Khususnya buat para ladies yang menginginkan kulit wajah yang sehat, licin, awet muda dan mulus. Selain untuk kecantikan, lendir bekicot juga bermanfaat sebagai obat anti septik untuk kulit yang tersayat pisau atau luka lainnya.


Advertisement
Klasifikasi Bekicot | Saharuddin | 5