Klasifikasi Kembang Kol dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Kembang Kol dan Manfaatnya
Kembang kol merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea (suku Brassicaceae). Sebagai sayuran, tumbuhan ini lazim dikenal sebagai kembang kol yang merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool.

Kubis bunga berbentuk mirip dengan brokoli. Perbedannya, kubis bunga memiliki kepala bunga yang banyak dan teratur dengan padat. Hanya "kepala" kembang kol yang lazim dimakan (dalam literatur berbahasa Inggris disebut white curd). Pada dasar kepala tersebut terdapat daun-daun hijau yang tebal dan tersusun rapat. Kubis bunga juga mirip dengan kubis romanesco.

Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Kehamilan

Selama hamil, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi kembang kol. Sayuran ini kaya akan folat, vitamin A, vitamin B, serta vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan janin yang dikandung.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kembang kol kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat sebagai agen anti inflamasi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Menguatkan Tulang

Kembang kol ternyata juga bermanfaat untuk menguatkan tulang Anda sebab kembang kol kaya akan kalsium yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan tulang.

4. Mengurangi Resiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kembang kol mampu mengurangi resiko kanker terutama kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker kandung kemih. 

5. Menurunkan Berat Badan

Sedang menjalankan program diet? Cobalah untuk mengonsumsi kembang kol secara rutin sebab kembang kol mengandung folat yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan Anda.

6. Untuk Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kembang kol secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung serta sistem kardiovaskular Anda.

7. Mencegah Sembelit

Jika Anda sedang sembelit, cobalah untuk mengonsumsi jus kembang kol. Serat di dalamnya bermanfaat untuk menghilangkan sembelit dan menurunkan kolesterol.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Kembang Kol dan Manfaatnya | Saharuddin | 5