Klasifikasi Brokoli dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Brokoli dan Manfaatnya
Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.
Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.
Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

1. Menjaga Sistem Saraf

Kandungan kalium yang tinggidalam brokoli membantu menjaga sistem saraf yang sehat serta fungsi otak yang optimal, dan mendorong perkembangan otot.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat brokoli lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

3. Melawan Radikal Bebas

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C merupakan antihistamin yang efektif untuk meringankan  flu yang menyerang.

4. Mencegah Kanker

Brokoli mengandung glucoraphanin, yang akan di proses tubuh menjadi senyawa anti-kanker, sulforaphane. Senyawa ini berfungsi mengusir bakteri yang ada dalam tubuh, Helicobacter pylori. Sebuah bakteri yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Selain itu, brokoli juga mengandung indole-3-carbinol, yaitu senyawa antioksidan dan anti-karsinogen yang dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, kanker leher rahim (kanker serviks), dan dapat meningkatkan fungsi hati.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat brokoli untuk menjaga kesehatan jantung. Karotenoid lutein yang terdapat dalam brokoli bermanfaat untuk memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh, sehingga dapat memerangi penyakit jantung dan juga stroke. Vitamin B6 dan asam folat dalam brokoli dapat mengurangi aterosklerosis, radang pada pembuluh darah manusia.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli juga dapat menjaga kesehatan mata. Brokoli merupakan sumber utama vitamin A yang diperlukan untuk membentuk retina. Selain itu, Karotenoid lutein (pigmen organik) yang terdapat pada brokoli bisa mencegah degenerasi makular terkait usia dan katarak, serta memiliki efek anti kanker.

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam secangkir brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral-mineral seperti seng dan juga selenium merupakan aktor utama yang menjaga pertahanan kekebalan tubuh.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Brokoli dan Manfaatnya | Saharuddin | 5