Klasifikasi Rambusa dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Rambusa dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malpighiales
Famili: Passifloraceae
Genus: Passiflora
Spesies: P. foetida

Rambusa atau ermot adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan pelbagai nama daerah seperti ceplukan blungsun (Jw.), permot, rajutan, kaceprek atau ki leuleu’eur (Sd.), dan timun dendang atau timun padang (Mal.).

Manfaat Buah Rambusa Untuk Kesehatan

Rambusa memiki kandungan air sebanyak 64,2 ml dan serat sebanyak 9,8 gram, memiliki banyak kandungan mineral yang bermanfaat untuk tubuh diantaranya adalah minerla sodium sebanyak 2 mg, mineral potassium sebanyak 491 mg, mineral kalsium sebanyak 10 mg, mineral magnesium sebanyak 4 mg, zat besi sebanyak 8,4 mg, serta seng sebanyak 1,1 mg.
Rambusa memiliki kandungan kalsium sebesar 10 mg. Dimana fungsi kalsium ini sangat penting untuk kesehatan gusi, tulang serta gigi. Selain itu rambusa juga memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat zat besi diantaranya adalah menghidupkan sel-sel darah merah dalam tubuh kita. Mineral ini dapat menghindari kita dari penyakit anemia, batuk, anemia pada saat kehamilan, anemia predialisis. Selain itu kandungan mineral yang paling dominan dalam buah rambusa diantaranya adalah mineral potassium, kalsium dan zat besi.

Mineral potassium sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu diantaranya dapat menguatkan otot, mencegah struk, menorlmalkan tekanan darah, mengurangi stress dan rasa gelisah, menyembuhkan gangguan ginjal serta hati, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, menjaga sistem syaraf, dan lain-lain.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Rambusa dan Manfaatnya | Saharuddin | 5