Klasifikasi Padi dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Padi dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
(tidak termasuk) Monocots
(tidak termasuk) Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus: Oryza
Spesies: O. sativa

Padi (bahasa latin: Oryza sativa L.) merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. Padi diduga berasal dari India atau Indocina dan masuk ke Indonesia dibawa oleh nenek moyang yang migrasi dari daratan Asia sekitar 1500 SM. 
Produksi padi dunia menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum. Namun, padi merupakan sumber karbohidrat utama bagi mayoritas penduduk dunia.
Hasil dari pengolahan padi dinamakan beras.

Manfaat Beras Untuk Kesehatan

1. Membersihkan Wajah

Air beras bisa digunakan untuk membersihkan wajah. Air beras mengandung inositol yang membantu pembentukan sel dan memperlambat penuaan dini. Celupkan kapas pada air beras lalu tepuk-tepukkan pada daerah wajah.

Perawatan secara rutin dapat membuat wajah anda terlihat lebih muda dan segar. Air beras juga berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran darah di wajah, sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit. Lakukan treatment tersebut dua kali sehari hingga terlihat hasilnya.

2. Menghaluskan Kulit

Sama seperti wajah, daerah kulit tubuh yang lain juga memerlukan perawatan. Perawatan yang murah adalah dengan menggunakan air beras. Caranya adalah dengan berendam menggunakan air beras selama 15 menit. Lakukan secara rutin dua kali sehari, kulit akan menunjukkan perbaikan sebanyak 20 % setelah beberapa minggu.

Kulit tubuh Anda akan terlihat lebih cantik dan bersih. Manfaat lainnya dari mandi air beras adalah kulit bebas kuman dan noda hitam.

3. Perawatan Rambut

Bukan hanya bermanfaat bagi kulit dan wajah, air beras juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut karena di dalamnya terdapat nutrisi yang diperlukan rambut. Mulai sekarang, setelah menggunakan shampo cuci rambut dengan air beras dan biarkan beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Kandungan protein dalam beras dapat membantu menguatkan rambut dan memperbaiki rambut yang rusak. Dalam beberapa hari, rambut Anda akan terlihat sehat berkilau dan tampak indah. Silahkan dicoba.

4. Minuman Kesehatan


Beberapa orang membuat minuman kesehatan dari beras dan rempah-rempah. Minuman paling terkenal dari beras adalah beras kencur. Anda bisa melihat apa saja khasiat dari beras kencur tersebut dalam artikel manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Padi dan Manfaatnya | Saharuddin | 5