Klasifikasi Kapuk dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Kapuk dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae (Bombacaceae)
Genus: Ceiba
Spesies: C. pentandra

Kapuk randu atau kapuk (Ceiba pentandra) adalah pohon tropis yang tergolong ordo Malvales dan famili Malvaceae (sebelumnya dikelompokkan ke dalam famili terpisah Bombacaceae), berasal dari bagian utara dari Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia, dan (untuk varitas C. pentandra var. guineensis) berasal dari sebelah barat Afrika. Kata "kapuk" atau "kapok" juga digunakan untuk menyebut serat yang dihasilkan dari bijinya. Pohon ini juga dikenal sebagai kapas Jawa atau kapok Jawa, atau pohon kapas-sutra. Juga disebut sebagai Ceiba, nama genusnya, yang merupakan simbol suci dalam mitologi bangsa Maya.

Manfaat Daun Kapuk Untuk Kesehatan

1. Obat Kumur

Daun randu dapat dijadikan obat kumur dengan cara menyiapkan 2-10 gram daun segar yang sudah dicuci, lalu remas-remas daun tersebut ke dalam air sampai berubah mejadi lenir. Saring air remasan tadi dan gunakan untuk berkumur.

2. Mengobati Sakit Mata

Cuci bersih beberapa helai daunnya. Kemudian letakkan daun tersebut ke dalam baskom, tuangkan air bersih secukupnya. Selanjutnya remas-remas daun randu sampai airnya berubah menjadi berlendir. Saring air perasan tersebut lalu gunakan untuk membasuh mata. Caranya dengan mencelupkan mata ke dalam air sambil mengkedip-kedipkan mata di dalam air. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran pada mata.

3. Menghilangkan Bekas Luka

Ambil daun secukupnya kemudian cuci bersih. Gosokkan pada bekas luka berulang kali, sebelumnya basuh luka dengan air hangat. Terakhir basuh menggunakan sabun dan air bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin setiap harinya sampai bekas luka memudar.

4. Menyuburkan Rambut

Ambil 15 helai daun randu lalu rebus menggunakan air sampai mendidih. Setelah itu didinginkan dan sesudah dingin gunakanlah air rebusan tersebut sebelum keramas. Caranya basahi rambut dengan air rebusan, pijat-pijat kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan shampoo. Lakukan cara ini dua kali dalam satu minggu.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Kapuk dan Manfaatnya | Saharuddin | 5