Klasifikasi Daun Salam dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Daun Salam dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Rosids
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Murraya
Spesies: M. koenigii

Salam koja (Murraya koenigii syn. Chalcas koenigi) atau daun kari adalah tumbuhan yang daunnya (dinamakan sama) dipakai sebagai penyedap kari. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai curry leaves. Daun ini dipakai sebagai bumbu di Aceh. Bentuk daun ini agak sama dengan daun salam, cuma ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam dari daun salam. Bunga dari tumbuhan ini berbau harum dengan buah berbentuk bulir berwarna ungu. 
Asal tumbuhan ini adalah India dan Srilanka. Tumbuhan ini tidak ditanam secara massal, tapi merupakan tumbuhan yang biasa terdapat pada kebun di bagian selatan India dan Malaysia.
Salam koja berkerabat dekat dengan kemuning (M. paniculata)

Manfaat Daun Salam Koja atau Daun Kari Untuk Kesehatan

1. Khasiat Daun Kari Meredakan Mencret dan Ambeien

Daun kari dapat  tonik herba untuk menguatkan perut dan meningkatkan keupayaannya serta mengatasi masalah penghadaman. Ia juga boleh digunakan sebagai laksatif (julap) lemah untuk mengatasi masalah sembelit. Jus daun kari yang dicampur dengan madu juga dapat menjadi penawar kepada cirit birit dan buasir.

2. Khasiat Daun Kari Atasi Masalah Loya dan Pening

Jus daunnya yang segar dicampur dengan jus limau nipis digunakan untuk mengatasi masalah loya dan pening terutamanya akibat makan lemak yang berlebihan. Caranya dengan mencampurkan satu sudu teh jus daun kari dan satu sudu teh jus limau nipis. Daun kari juga berkesan dalam mengatasi masalah haid dan penyakit gonorea (gonorrhea), menghilangkan rasa loya dan pening-pening lalat bagi wanita mengandung.

3. Air rebusan kulit batangnya yang kering dapat digunakan untuk mengubat diabetes

Amalan memakan 10 helai daunnya setiap hari selama 3 bulan dikatakan dapat mencegah kencing manis yang disebabkan oleh keturunan dan kegemukan.

4. Khasiat Daun Kari untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Manfaatkan Khasiat Daun Kari untuk kecantikan dan kesehatan tubuh dengan cara yang murah & lebih aman.

5. Sebagai Obat Asam Urat


Cara mengolah daun ini sebagai cara alami mengobati asam urat sangat mudah dengan memakai sekitar 10 lembar daun salam, setelah dibersihkan lalu direbus dalam sekitar 700 cc air atau 3,5 gelas belimbing. Biarkan air rebusan bersisa hanya sampai satu gelas. Saring air rebusan dan minum saat masih hangat.

6. Sebagai Penambah Aroma Makanan.[dr].


Advertisement
Klasifikasi Daun Salam dan Manfaatnya | Saharuddin | 5