Klasifikasi Paku Tanduk Rusa dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Paku Tanduk Rusa dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Pteridophyta
Kelas: Pteridopsida
Ordo: Polypodiales
Famili: Polypodiaceae
Genus: Platycerium
Desv.

Paku tanduk rusa adalah sekelompok (sekitar 18 jenis) tumbuhan paku epifit yang semuanya tergabung dalam marga Platycerium'. Tumbuhan ini memiliki penampilan yang khas karena memiliki dua tipe ental dengan fungsi dan bentuk yang jelas berbeda, dengan salah satu tipe entalnya bercabang-cabang berbentuk seperti tanduk rusa. Paku yang juga dikenal sebagai simbar menjangan ini dapat dijumpai tumbuh liar di berbagai penjuru daerah tropika dan subtropika dunia.

Manfaat Tanduk Rusa Untuk Kesehatan

1. Obat Radang Rahim Luar

Tumbuk sampai halus 2-5 lembar daun tanduk rusa dan minyak kayu putih secukupnya. Untuk cara menggunakannya, yaitu ramuan ini bisa ditempelkan pada perut /rahim dan dibalut dengan kain stagen.

2. Obat Abses

Daun tanduk rusa juga bisa untuk mengobati abses, yaitu suatu penimbunan nanah yang biasanya terjadi karena adanya suatu infeksi bakteri. Caranya dengan menumbuk sampai halus selembar daun tanduk rusa, satu siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Selanjutnya bisa dipakai untuk mengompress bagian bisul.

3. Obat Haid Tidak Teratur

Untuk mengobati haid tidak teratur sangatlah mudah. Seduh 2 lembar daun tanduk rusa dengan air panas secukupnya. Selanjutnya bisa diminum 4 atau 3 hari sebelum datang bulan (haid).

4. Obat Demam

Selembar daun tanduk rusa ditumbuk halus, ditambah garam secukupnya, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah disaring bisa diminum 2 kali sehari 1 cangkir, yaitu pagi dan sore.

5. Obat Bisul

Campur selembar daun tanduk rusa dan sedikit kapur sirih, lalu tumbuk halus. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengompress bagian bisul.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Paku Tanduk Rusa dan Manfaatnya | Saharuddin | 5