Klasifikasi Wijen dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Advertisement

Klasifikasi Wijen dan Manfaatnya Untuk Kesehatan 
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Asterids
Ordo: Lamiales
Famili: Pedaliaceae
Genus: Sesamum
Spesies: S. indicum

Wijen (Sesamum indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) adalah semak semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaceae. Tanaman ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen, yang diperoleh dari ekstraksi bijinya. Afrika tropik diduga merupakan daerah asalnya, yang lalu tersebar ke timur hingga ke India dan Tiongkok. Di Afrika Barat ditemukan pula kerabatnya, S. ratiatum Schumach. dan S. alabum Thom., yang di sana dimanfaatkan daunnya sebagai lalap. S. ratiatum juga mengandung minyak, tetapi mengandung rasa pahit karena tercampur dengan saponin yang juga beracun.

Manfaat Wijen Untuk Kesehatan

1. Bermanfaat Sebagai Sumber Nutrisi

Walaupun kecil wijen ternyata mengandung banyak sekali nutrisi didalamnya. Kalau di ukur seperempat cangkir wijen ternyata dapat memberikan Anda kalsium, fosfor dan Zinc. Selain itu Wijen ini juga mampu mencegah rasa sakit, pembengkakan dan rematik.


2. Bermanfaat Sebagai Moisturizing

Minyak wijen bisa digunakan untuk melembutkan kulit, mengatasi kulit kering, dan membantu kulit agar tetap lembab. Selain itu ternyata bisa digunakan untuk membantu orang yang mengalami eksim atau psoriasis.

3. Bermanfaat Sebagai Mencegah Kanker

Minyak Wijen mampu menghambat pertumbuhan kanker kulit.

4. Bermanfaat Sebagai Anti Bakteri

Wijen yang dijadikan minyak ternyata bisa membantu untuk menghancurkan patogen kulit. Dengan mengoleskan minyak wijen maka dapat membantu mencegah timbulnya jerawat, ruam dan juga gangguan kulit lainya.


5. Bermanfaat Sebagai Mengandung Serat

Wijen juga kaya akan serat yang disebut dengan sesamin dan sesamolin. Serat tersebut sangat bagus digunakan untuk menurunkan kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi dan bisa menjadi antioksidan sehingga mampu menetralisir radikal bebas.

6. Bermanfaat Sebagai Mengandung Phytosterols

Phytosterols merupakan kolesterol baik yang terkandung di dalam Wijen. Kolesterol baik ini sangat membantu kesehatan tubuh Anda. Semakin tinggi kadar Kolesterol baik (HDL) baka semakin rendah kolesterol dalam darah.[dr].




Advertisement
Klasifikasi Wijen dan Manfaatnya Untuk Kesehatan | Saharuddin | 5