Klasifikasi Tempuyung dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Tempuyung dan Manfaatnya
Tempuyung yang mempunyai nama Latin ''Sonchus Arvensis'' merupakan salah satu tanaman obat yang berkhasiat. Selain nama Latin, tempuyung juga memilki nama daerah seperti lobak air, lempung jombang, galibug, lampenas, dan rayana. Tanaman ini sering kita temukan di sekitar kita karena dapat tumbuh di antara puing-puing bangunan, tembok, ataupun pinggir jalan.
Tempuyung termasuk dalam suku Asteraceae yang tumbuh di ketinggian 50-1.600m dpl dan sangat cocok berada di lingkungan yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun atau daerah dengan musim kemarau pendek. Sebagai tanaman liar, tempuyung dapat juga dibudidayakan di dalam pekarangan.
Tanaman ini tergolong dalam tumbuhan tak berkayu atau terna dan menyukai tempat yang langsung terkena sinar matahari serta mudah berkembang biak dengan biji yang terbawa oleh angin. Adapun tumbuhan ini mengandung kalium, flafonoid, taraksasterol, inositol, dan yang lain.

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

1. Obat Kencing Batu

Penyakit kencing batu juga dapat disembuhkan dengan memanfaatkan kencing batu, caranya siapkan daun tempuyung yang sudah kering 130 gram, lalu rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih, lalu minum air ramuan tersebut tiga kali sehari dengan dosis satu gelas sekali minum.

2. Obat Alami Bisul

Manfaat daun tempuyung yang pertama yaitu sebagai obat bisul cara mengolahnya sehingga menjadi obat tidaklah terlalu sulit, yaitu pertama siapkan satu batang daun tempuyung bersihkan dan buang akarnya, cuci bersih selanjutnya tumbuh hingga lumat tambahkan sedikit air bersih lalu peras saring ambil airnya lalu oleskan air ramuan tersebut pada bisul, lalukan dengan rutin 2-3 kali sehari.[dr].

Advertisement
Klasifikasi Tempuyung dan Manfaatnya | Saharuddin | 5