Klasifikasi Jambu Air dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Jambu Air 
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae
Genus: Syzygium
Spesies: S. aqueum

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja. Jambu air mudah ditanam dan di budidaya.

Nama-nama lainnya adalah jambu ayer mawar (Malaysia), jambu aie (Min.), jambu cai (Sd.), jambu wer (Jw.), jhambhu wir (Md.), nyambu er (Bl.), kumpas, kumpasa, kombas, kembes (bahasa-bahasa di Sulut), jambu jene, jambu salo (Sulsel), jambu waelo, kuputol waelo, lutune waele, kopo olo (aneka bahasa di Seram dan sekitarnya), dan lain-lain.[1] Juga jambu kancing (Ind.), untuk kultivar yang buahnya kecil-kecil. [2]

Di negara-negara lain, jambu ini dikenal sebagai machom phupa atau chomphu pa (Thai), tambis (Fil.), bell fruit, water apple (Ingg.) dan lain-lain.

Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan 

Manfaat lain jambu air adalah sebagai pemasuk vitamin C bagi tubuh. Vitamin C sudah lama diketahui sebagai salah satu komponen yang menjaga kesehatan kulit, meningkatkan anti-body sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit dan membuat organ tubuh lebih fresh. Dengan demikian, mengkonsumsi jambu air secara teratur akan membuat Anda mendapatkan semua efek terbaik si Vitamin C ini. Selain membuat kulit lebih cantik, kandungan di dalam buah jambu air juga kabarnya bisa meredakan efek samping dari stress seperti keriput di bawah mata dan lain-lainnya. 

Kandungan air berlebih dan juga serat di dalam jambu air membuat ia juga sangat baik dalam melancarkan sistem pencernaan dan menjaganya agar tetap sehat. Manfaat jambu air lainnya adalah sebagai komponen diuretic atau merangsang pembuangan air seni atau melancarkan buang air seni. Hal ini tentu baik bagi kandung kemih Anda. Bagi sebagian orang, jambu air juga sangat bermanfaat dalam meredakan bengkak pada kulit kaki maupun tangan. Caranya cukup mudah dengan melumatkan daging buah jambu air dan diaplikasikan pada bengkak. Efek dinginnya membuat kulit lebih rileks dan pulih lebih cepat.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Jambu Air dan Manfaatnya | Saharuddin | 5