Klasifikasi Buncis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Advertisement
Klasifikasi Buncis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Upafamili: Faboideae
Genus: Phaseolus
Spesies: P. vulgaris

Buncis (dari bahasa Belanda, boontjes, Phaseolus vulgaris L.) merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimakan. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan.
Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat.

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Buncis mengandung beberapa mineral penting seperti mangan, kalium, zat besi dan magnesium. Semua senyawa tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh pengkonsumsinya.
Metabolisme tubuh yang berfungsi dengan baik dapat meningkatkan sistem dan fungsi seluruh organ tubuh. Ini pun diperlukan oleh seseorang yang sedang menurunkan berat badannya.

2. Mengatasi Batu Ginjal

Serat yang begitu tinggi dalam buncis dapat berguna untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu banyak dokter menganjurkan makanan ini untuk dikonsumsi oleh pasiennya.

3. Rendah Kalori

Jika anda sedang kesulitan mencari makanan rendah kalori maka buncis bisa dipertimbangkan, kalori memang sering menjadi masalah bagi setiap orang.
Kelebihan kalori dapat meningkatkan berat badan sekaligus mengundang berbagai penyakit berbahaya. Untuk menghindari hal tersebut tentu saja dengan mengkonsumsi makanan dan minuman rendah kalori, dan salah satu makanan yang dimaksud adalah buncis.

4. Mengendalikan Glukosa

Buncis memiliki kadar protein yang begitu tinggi dan tiak kalah jauh dengan telur, jika sayuran ini dimasak dengan benar maka protein yang ada di dalamnya dapat diserap oleh tubuh dan berguna untuk mengendalikan dlokusa atau kadar gula dalam darah.
Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi penderita diabetes agar gula darah tetap dalam ambang batas aman, selain itu jika dikonsumsi secara teratur dapat mencegah penyakit diabetes atau penyakit gula.

5. Melancarkan Pencernaan

Buncis termasuk ke dalam keluarga kacang, seperti kita tahu bahwa kacang-kacangan tinggi akan serat. Serat berguna untuk membantu sistem pencernaan.
Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darh yang bisa memicu serangan jantung diperlukan sistem pencernaan yang bekerja dengan baik. Oleh sebab itu buncis baik untuk dikonsumsi oleh pasien penyakit jantung

6. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Dengan mengkonsumsi buncis minimal empat kali seminggu dapat membantu organ jantung kita tetap sehat, manfaat ini kita dapatkan dari buncis karena asam folat yang dikandungnya.

7. Awet Muda

Meskipun semua manusia akan menua, tapi dengan mengkonsumsi buncis setiap hari maka seluruh tubuh akan terhindar dari masalah penuaan dini.
Buncis mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat menangkal semua gangguan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan paparan sinar matahari.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin B1, B6 dan vitamin C dalam buncis dapat membuat sistem imun atau kekebalan tubuh kita meningkat. Kekebalan tubuh yang kuat dapat mencegah radikal bebas dan kerusakan DNA.[swa].
Advertisement
Klasifikasi Buncis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan | Saharuddin | 5