Klasifikasi Wortel dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Wortel dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Apiales
Famili: Apiaceae
Genus: Daucus
Spesies: D. carota

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada wortel dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Wortel merupakan sumber falcarinol, yaitu senyawa yang diyakini mampu mencegah dan melawan kanker. Antioksidan akan menjaga tubuh dari berbagai zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh seperti yang berasal dari polusi dan sumber lainnya.

Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi wortel secara teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Penelitian yang lain juga menunjukkan hubungan antara konsumsi beta-carotene dan resiko penyakit jantung yang rendah.

Mengontrol Kolesterol

Serat pada wortel mampu menurunkan level kolesterol dalam tubuh. Kandungan magnesium pada wortel juga membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Kesehatan Pencernaan

Wortel mengandung fiber atau serat yang tinggi, yang sangat penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan tubuh. Serat juga sangat baik dikonsumsi saat diet, karena dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Wortel pun sering digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Kesehatan Mata

Vitamin A adalah nutrisi yang sangat penting untuk mata, dan wortel merupakan salah satu sumber vitamin A yang sangat tinggi. Wortel dapat mempertajam penglihatan, termasuk di malam hari, dan dapat mencegah berbagai gangguan pada mata seperti katarak dan lain sebagainya.

Menjaga kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A pada wortel dapat menjaga dan memelihara kesehatan kulit, karena dapat mencegah kerusakan sel dan berguna dalam regenerasi sel baru. Selain itu, vitamin A juga mampu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet, mencegah penuaan dini, menghilangkan bercak pada kulit akibat pigmentasi, dan mencegah jerawat.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Wortel dan Manfaatnya | Saharuddin | 5