Klasifikasi Tomat dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Tomat dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Solanum
Spesies: S. lycopersicum

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan 

1. Meredakan Diabetes

Sebuah study yang pernah dilakukan oleh Journal Of American Medical Assosiation menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi tomat dalam sehari 2 buah saja, hal ini bisa mengurangi stress oksidatif diabetes tipe 2.

2. Mencerahkan Wajah

Untuk mencerahkan wajah, anda bisa mencoba dengan melapisi kulit wajah anda dengan menggunakan tomat kemudian hal tersebut diamkan selama kurang lebih 10 menit saja, lalu perhatikan perbedaannya. Anda akan mendapatkan wajah anda nampak lebih cerah dan bersinar daripada sebelumnya.

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari tomat adalah menjaga kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan tomat mempunyai kandungan vitamin A yang sejatinya untuk kesehatan mata ternyata cukup baik juga untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

4. Sumber Antioksidan

Tomat mengandung senyawa lycopene yang merupakan antioksidan yang bisa melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab timbulnya beragam penyakit. Radikal bebas ini sangatlah berbahaya dikarenakan mampu merusak sel-sel jaringan secara perlahan-lahan sehingga hal inilah yang membuat timbulnya berbagai macam penyakit.

5. Sumber Vitamin Alami

Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi 1 buah tomat saja sudah mampu mencukupi 40% kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh anda. Selain itu, tomat juga banyak mengandung vitamin K dan Zat besi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Tekanan darah tinggi dan kolesterol dapat diminimalisir dengan kalium dan juga vitamin B yang terdapat pada tomat. Selain itu, senyawa tersebut juga mampu dalam mencegah penyakit lainnya seperti halnya stroke dan serangan jantung.

7. Mencegah Kanker

Berbagai penelitian telah dilakukan terhadap tomat dan memang hasilnya cukup memuaskan karena tomat mampu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat dan usus besar. Hal ini bisa terjadi lantaran tomat memiliki kandungan lycopene yang merupakan antioksidan alami berfungsi untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Tomat dan Manfaatnya | Saharuddin | 5