Klasifikasi Sawi Putih dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Sawi Putih dan Manfaatnya
Sawi putih (Brassica rapa Kelompok Pekinensis; suku sawi-sawian atau Brassicaceae ) dikenal sebagai sayuran olahan dalam masakan Tionghoa; karena itu disebut juga sawi cina. Sebutan lainnya adalah petsai. Disebut sawi putih karena daunnya yang cenderung kuning pucat dan tangkai daunnya putih. Sawi putih dapat dilihat penggunaannya pada asinan (diawetkan dalam cairan gula dan garam), dalam cap cai, atau pada sup bening. Sawi putih beraroma khas namun netral.

Habitus tumbuhan ini mudah dikenali: memanjang, seperti silinder dengan pangkal membulat seperti peluru. Warnannya putih. Daunnya tumbuh membentuk roset yang sangat rapat satu sama lain.

Sawi putih hanya tumbuh baik pada tempat-tempat sejuk, sehingga di Indonesia ditanam di dataran tinggi. Tanaman ini dipanen selagi masih pada tahap vegetatif (belum berbunga). Bagian yang dipanen adalah keseluruhan bagian tubuh yang berada di permukaan tanah. Produksinya tidak terlalu tinggi di Indonesia.

Sayuran ini populer di Tiongkok, Jepang, dan Korea. Di Korea, kultivar lokal sawi putih dipakai sebagai bahan baku kimchi, makanan khas Korea.

Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan

1. Manfaat Sawi Putih untuk Menyembuhkan Luka, serta Daya Tahan Tubuh

Karena mengandung vitamin C pada sawi hampir setara dengan jeruk. Komposisi 1 cangkir sawi cukup untuk memenuhi 59 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C perhari.

2. Manfaat Sawi Putih untuk Mencegah Diabetes Mellitus

Kalsium merupakan salah satu mineral terpenting yang dibutuhkan tubuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula merah.

3. Sawi Putih untuk Mencegah Osteoporosis


Dari kandungan Sawi Putih yaitu vitamin K dalam sawi dapat mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang.

4.  Manfaat Sawi Putih untuk Mencegah penyakit jantung

Vitamin E, betakaroten dan vitamin C pada sawi, sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL. Sawi juga mengandung niasin yang berfungsi memperkecil proses ateroskerosis, dan akhirnya menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung.

5. Manfaat Sawi Putih untuk Mencegah Anemia

Mengandung asam folat fungsi dalam proses sintesis nukleoprotein merupakan, kunci pembentukan dan produksi butir-butir darah merah normal dalam sumsum tulang.

2. Manfaat Sawi Putih untuk Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin E pada sawi dapat berfungsi sebagai antioksidan utama di dalam sel. The George Mateljan Foundation (2006) menggolongkan sawi dalam kategori excellent sebagai sumber vitamin E.[dr].

Advertisement
Klasifikasi Sawi Putih dan Manfaatnya | Saharuddin | 5