Klasifikasi Adas dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Adas dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Apiales
Famili: Apiaceae
Genus: Foeniculum
Spesies: F. vulgare

Adas atau adas pedas (Foeniculum vulgare Miller, suku adas-adasan atau Apiaceae) telah lama dikenal sebagai salah satu komponen pengobatan tradisional. Minyak adas yang dikandung bijinya menjadi salah satu komponen minyak telon.
Adas berasal dari daerah Laut Tengah timur (Italia ke timur hingga Suriah).
Tumbuhannya berbentuk herba yang berbau harum, berwarna hijau terang, tegak, dan dapat mencapai dua meter tingginya. Daun tumbuh sehingga 40 sentimeter panjang, berbentuk pita, dengan segmen terakhir dalam bentuk rambut, kira-kira selebar 0,5mm. Bunga yang dihasilkan di ujung tangkai adalah bunga majemuk yang berdiameter 5 hingga 15cm. Setiap bagian umbel mempunyai 20-50 kuntum bunga kuning yang amat kecil pada pedikel-pedikel yang pendek. Buahnya adalah biji kering dari 4 hingga 9 milimeter panjang, dengan lebar separuh panjangnya, dan mempunyai alur. Bijinya yang dikeringkan dikenali sebagai biji adas.
Daun adas menjadi sumber makanan larva beberapa spesies Lepidoptera, seperti ngengat Amphipyra tragopoginis dan Papilio zelicaon.

Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Buah adas dapat mengobati sakit perut (mulas), perut kembung, perasaan penuh pada lambung, perasaan mual, perasaan ingin muntah dan sakit diare.

Dapat mengobati sakit kuning serta meningkatkan nafsu makan.

Dapat mengobati batuk disertai dahak dan mengatasi penyakit sesak nafas (asma)Dapat mengatasi gangguan haid seperti nyeri pada waktu haid atau proses haid yang tidak lancar

Dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu yang melahirkan

Dapat mengatasi masalah susah tidur (insomenia)

Dapat mengobati buah zakar turun (orchidoptosis)

Buah adas bisa menngatasi usus turun sampai lipat paha (Hernia inguinalis)

Meredakan pembengkakan pada saluran sperma (epididimis)

Manfaat adas pada penderita batu empedu yaitu dapat mengurangi perasaan nyeri yang diakibatkan adanya batu pada empedu serta bekerja membantu proses penghancuran batu tsb

Mengatasi penyakit Rematik 

Manfaat daun adas : bermanfat pada buahnya tanaman adas juga bisa memberikan manfaat kesehatan pada bagian daunnya.  Adapun penyakit- penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman adas dari daunnya antara lain :

Daun adas bisa mengobati batuk

Mengatasi gangguan perut yang terasa kembung disertai kholik.

Meningkatkan daya penglihatan.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Adas dan Manfaatnya | Saharuddin | 5