Klasifikasi Daun Gedi

Advertisement
Klasifikasi Daun Gedi dan Manfaat Daun Gedi
Daun gedi ialah daun yang mempunyai nama latin Abelmoschus Manihot. Daun ini juga menjadi sayuran khas dari daerah Sulawesi Utara. Disana, sayuran yang terkenal enaknya adalah sayor yondok alias sayuran dari daun gedi ini. Biasanya daun ini dijadikan masakan dengan aneka resep. Namun identik dimasak dengan santan dtambah rebung, ubi talas, dan ikan asin  atau ikan cikalang fufu.

Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan

Bermanfaat Untuk Mencegah Pengeroposan Tulang (Osteoporosis)

Gangguan pada tulang seperti osteoporosis umumnya dialami oleh wanita yang menginjak masa menopause. Karena saat masa menopause kadar hormon estrogen akan menurun. Biasanya dokter menyarankan untuk terapi suli hormon yang bertujuan untuk mengganti hormon alamiah yang berkurang. Akan tetapi menggunakan bahan alami adalah solusi yang cukup tepat. Penelitian menunjukkan bahwa daun gedi bisa membantu mencegah osteoporosis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tikus betina yang telah di angkat indung telurnya. Kemudian tikus tersebut diberi makan daun gedi dengan berbagai macam dosis dalam waktu tertentu. Hasilnya, ternyata tulang tikus menjadi lebih padat. Ini bisa disimpulkan bahwa pengeroposan pada tulang masih bisa dicegah atau dikendalikan. Kemudian, peningkatan kepadatan tulang sebanding dengan peningkatan pemberian dosis daun gedi,

Bermanfaat Untuk Mengobati Penyakit Maag

Buah gedi memiliki kandungan yang bisa melindungi lapisan pada dinding lambung. Hal itu akan membantu mengurangi resiko terjadinya iritasi akibat bakteri maupun makanan yang mempunyai efek buruk pada lambung. Jika Anda termasuk penderita maag, Anda bisa mengkonsumsi daun gedi ini sebagai menu sayuran sekaligus obat alami.

Bermanfaat Untuk Mengatasi Kejang, Diabetes, Depresi dan Penyakit Ginjal

Daun gedi mengandung senyawa flavonoid. Penelitian pun dilakukan, ternyata ekstrak bahan ini mampu mencegah kematian tikus percobaan yang mengalami kejang. Dengan adanya hasil penelitian tersebut, membuat ekstrak bunga gedi juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah kejang karena epilepsi, obat anti depresi serta membantu menjaga fungsi saraf otak.

Bermanfaat Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Di dalam daun gedi mengandung senyawa flavonoid. Salah satu khasiat dari senyawa flavonoid adalah bisa membantu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti halnya penyakit jantung. Bagi orang yang mengalami masalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi bisa mengonsumsi daun ini sebagai menu sayuran hariannya. Itu karena daun gedi juga memiliki kandungan serat yang bisa mengikat kolesterol dan lemak agar dikeluarkan dari tubuh. Beberapa orang juga berpendapat bahwa dengan mengonsumsi daun ini, akan bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Daun Gedi | Saharuddin | 5