Klasifikasi Semangka dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Semangka dan Manfaatnya 
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Cucurbitales
Famili : Cucurbitaceae
Genus : Citrullus
Spesies : C. lanatus

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan 

Buah Semangka Bermanfaat Untuk Melembutkan kulit

Untuk melembutkan kulit, ambil 100 gram semangka, campur dengan 1 sdm yogurt. Aplikasikan pada wajah serta leher dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.

Semangka di sini mengembalikan kelembaban kulit, sedangkan yogurt dapat melembutkannya dengan jangkauan lebih dalam karena bantuan semangka. Kulit jadi lebih lembut serta bersinar.

Buah Semangka Bermanfaat Mengatasi kerutan Di Wajah


Karena kaya kandungan antioksidan, semangka dapat membantu mencegah kerusakan di kulit serta mengatasi kerutan di wajah sebagai tanda penuaan dini. Caranya adalah campurkan 100 gram semangka dengan alpukat yang telah dihancurkan. Aduk hingga merata kemudian aplikasikan pada seluruh wajah sebagai masker. Diamkan dan rilekskan wajah selama 20 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian akhiri dengan mengompres wajah menggunakan es batu.

Buah Semangka Bermanfaat Untuk Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah


Sebagai scrub, semangka juga efektif mengatasi noda hitam di wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan 100 gram semangka dengan 2 sdm garam. Kemudian scrub dan massage dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas, dan rasakan kulit yang lebih bersih dan bersinar.

Buah Semangka Bermanfaat Unuk Meremajakan kulit


Untuk meremajakan kulit, ambil 100 gram semangka, kemudian hancurkan. Aplikasikan semangka sebagai masker pada seluruh wajah sehingga wajah terasa lebih dingin, segar dan lembab. Efek masker semangka ini juga membersihkan debu dan kotoran hingga ke dalam pori-pori, dengan cara alami yang aman.[dr].

Advertisement
Klasifikasi Semangka dan Manfaatnya | Saharuddin | 5