Klasifikasi Pepaya

Advertisement
Klasifikasi Pepaya
Kerajaan : Plantae
Ordo : Brassicales
Famili : Caricaceae
Genus : Carica
Spesies : C. papaya

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan 

Bermanfaat Mengatasi Sembelit

Buah pepaya mengandung banyak serat sehingga bermanfaat dalam mengatasi masalah pencernaan. Buah ini dipercaya sebagai obat alami paling manjur bagi Anda yang mempunyai keluhan sembelit saat buang air besar. Hal ini dikarenakan buah pepaya mengandung papain yang dapat membunuh parasit pada usus yang menganggu aktivitas pencernaan.

Bermanfaat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C pada buah pepaya lebih tinggi dari pada apel. Vitamin C sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda sehingga tidak mudah terserang flu, batuk, dan sejenisnya. Vitamin C pada buah pepaya juga sangat cepat menghapus racun dan menjaga kulit tetap cerah dan segar.

Bermanfaat Untuk Mencerahkan Kulit

Antioksidan yang dikandung pepaya dapat mencegah kulit dari penuaan dini, keriput, flek, dan menjaga kekencangan kulit.Metabolisme kulit juga dapat dibantu oleh enzim yang ada pada pepaya sehingga membuat kulit tampak lebih bersinar dan cerah.

Bermanfaat Untuk Memutihkan Wajah

Anda bisa membuat masker wajah dari pepaya dan memanfaatkannya pada wajah Anda. Masker pepaya ini sangat populer di kalangan wanita, ada yang mencampurkannya dengan susu, lemon, yoghurt, dan lain-lain. Tujuannya sama yaitu membuat kulit wajah lebih halus dan lebih cerah.

Bermanfaat Menghilangkan Jerawat

Manfaat buah Pepaya bagi kecantikan lainnya adalah dapat menghilangkan jerawat di wajah Anda. Biasanya masker untuk menghilangkan jerawat dengan mencampurkan halusan pepaya matang dengan madu, dan gunakan masker ini secara teratur 3 kali seminggu sehingga memperoleh hasil yang maksimal.

Bermanfaat Menyembuhkan Luka

Pepaya mengandung papain dan chymopapain yang berfungsi dalam mencegah peradangan dan menyembuhkan luka pada kulit. Senyawa tersebut juga mampu menyembuhkan luka bakar dengan cepat.

Bermanfaat Mencegah Serangan Jantung

Antioksidan yang dikandung pepaya sangat tinggi sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung maupun stroke. Buah pepaya juga dipercaya dapat mencegah kanker dan inflamasi atau peradangan.

Bermanfaat Menurunkan Berat Badan

Karena kandungan kalori pada buah pepaya sangat sedikit, buah pepaya sangat baik dikonsumsi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Serat yang banyak pada buah pepaya juga memudahkan pepaya dicerna dalam tubuh dan tidak mengakibatkan pengendapan di tubuh. Apabila anda mempunyai tubuh yang ideal, tentunya sangat berpengaruh bagi Kecantikan anda.

Bermanfaat Rambut Lebih Sehat

Pepaya dapat membuat rambut menjadi semakin kuat dan lebat karena mengandung banyak nutrisi. Dengan menjadikan pepaya sebagai shampoo, rambut semakin kuat sehingga dapat mengurangi kerontokan rambut. Ketombe juga dapat dikurangi dengan shampoo pepaya ini. selain itu, daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah rambut yang tidak sehat dan kusut.

Bermanfaat Melancarkan Menstruasi

Manfaat buah Pepaya bagi wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur adalah dapat melancarkan siklus menstruasinya. Dengan meminum jus pepaya secara rutin, maka siklus menstruasi Anda semakin teratur dan dipercaya dapat mencegah penyakit kanker serviks.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Bermanfaat Sebagai Masker Anti Jerawat

Cara menggunakannya terlebih dahulu daun pepaya harus dikeringkan kemudian dilumatkandan dicampur dengan air baru kemudian diusapkan ke wajah seperti halnya dengan masker pada umummnya.

Bermanfaat Untuk Melunakkan Daging

Jika ingin memasak daging sebaiknya gunakan daun pepaya dagingnya menjadi empuk dan enak saat dikunyah. Caranya, hancurkan daun pepaya yang masih basah dan campurkan kedalam daging yang telah diiris -iris, tapi jangan terlalu banyak karena rasa pahit dari daun pepaya tersebut bisa membuat daging memjadi tidak enak dimakan.

Bermanfaat Sebagai Penyembuh Penyakit Demam  Berdarah

Cara menggunakan daun pepaya  sebagai obat demam berdarah yaitu dengan merebus 5 lembar daun pepaya atu secukupnya saja kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsi daun pepaya ini kecuali jika sudah dalam tahap mengkhawatirkan.

Bermanfaat Sebagai Peredam Nyeri Haid

Bila  nyeri haid terasa sangat mengganggu sebaik nya gunakan ini. Caranya, 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air dicampurkan dan direbus hingga matang. Untuk khasiat yang lebih baik sebaiknya diminum selagi hangat.

Bermanfaat Untuk Mempelancar Pencernaan

Kandungan dalam daun pepaya yang dinamakan karpain sangat baik untuk saluran pencernaan kita karena karpainlah yang membantu membunuh mikroorganisme yang mengganggu dalam pencernaan kita.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Pepaya | Saharuddin | 5