Klasifikasi Mentimun dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Mentimun dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Cucumis
Spesies: C. sativus

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.

Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Manfaat Buah Mentimun/Ketimun/Timun Untuk Kesehatan

1. Sumber Vit. B serta C. 

Ya, ketimun yaitu sumber yang baik dari Vit. B. anda bisa mengonsumsi sepotong ketimun sebagai makanan ringan, serta rasakan faedahnya. Kulit ketimun lalu kaya Vit. C, sampai baiknya anda mengonsumsi ketimun dengan kulitnya juga.

2. Menghindar dehidrasi

Kandungan air dari ketimun nyaris 95%, hingga bisa menolong menghindar dehidrasi.

3. Menyembuhkan kulit terbakar

Kulit ketimun bisa dipakai sebagai obat untuk kulit yang terbakar akibat cahaya matahari. Untuk kulit yang iritasi lalu, kulit ketimun bisa menolong kurangi dampak sakitnya. Langkahnya cukup tempelkan kulit ketimun dibagian kulit yang sakit, lantas diamkan sampai sebagian menit.

4. Mata bengkak

Anda yang kerap alami mata capek serta bengkak, kompres mata dengan ketimun yang dipotong kecil. Ketimun mempunyai karakter anti-inflamasi hingga bisa kurangi bengkak.

5. Melawan kanker

Kandungan lariciresinol, pinoresinol, serta secoisolariciresinol pada ketimun sudah dapat dibuktikan didalam sebagian penelitian berkenaan dengan penurunan efek sebagian type kanker layaknya kanker payudara, ovarium, kanker rahim, serta prostat.

6. Meredakan bau mulut

Ambillah seiris ketimun, lantas masukkan ke mulut serta tekan pada langit-langit dengan lidah anda. Biarlah 30 detik supaya phytochemcials dapat bekerja membunuh bakteri pemicu bau mulut.

7. Menyembuhkan diabetes serta kolesterol.

Jus ketimun bisa menolong pankreas menghasilkan insulin, yang baik untuk pasien diabetes. Disamping itu, jus ketimun lalu dapat turunkan kolesterol serta mengatur tekanan darah, baik itu darah tinggi atau darah rendah.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Mentimun dan Manfaatnya | Saharuddin | 5