Klasifikasi Mangga dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Mangga dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Filum: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: M. indica

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m.

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Kandungan vitamin C, serat yang tinggi dan pectin berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

2. Mencegah serangan kanker

Kandungan senyawa anti-oksidan seperti astragalin, asam galat, quercetin, methygallat, fisetin dan isoquercitrin berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker usus berat, leukemia dan prostat.

3. Memelihara kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada buah mangga bermanfaat untuk mencegah mata kering dan menjaga kejernihan mata.

4. Menjaga kadar insulin

Manfaat buah mangga dapat membantu kadar insulin agar tetap normal. Kandungan indeks glikemik pada buah mangga sangat rendah sehingga tidak membahayakan bagi penderita diabetes.

5. Menurunkan panas dalam

Dengan mengkonsumsi jus mangga dapat mendinginkan tubuh, terutama ketika cuaca sedang sangat panas yang bisa mengikibatkan keletihan

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C dan kadar karotenoid pada buah mangga berkhasiat meningkatkan sistem imun tubuh.

7. Membersihkan wajah

Manfaat buah mangga juga bisa untuk kecantikan, yaitu mampu menghilangkan jerawat dan membersihkan pori-pori. Cara pemakaiannya bisa dikonsumsi atau juga bisa dengan cara penggunaan luar.

8. Memperlancar pencernaan

Jika Anda sedang menjalani diet atau sedang mengalami sembelit, maka buah mangga bisa memperlancar pencernaan dan sekresi yang didapatkan oleh pencernaan.[dr].

Advertisement
Klasifikasi Mangga dan Manfaatnya | Saharuddin | 5