Klasifikasi Kedondong dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Kedondong dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Spondias
Spesies: S. dulcis

Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Tanaman ini dikenal pula dengan nama ambarella, hog plum, hevi (Filipina), mokah (Kamboja), gway (Myanmar), makak farang (Thailand).

Buah kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, atau sering pula diolah menjadi rujak, asinan, acar atau dijadikan selai. Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut. Daun dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan.

Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

1. Buah Kedondong Menurunkan Berat Badan 

Selain itu, karena mengandung lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah rendah, buah kedondong juga dapat membantu bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, jika ingin mengkonsumsi buah kedondong untuk diet, pilihlah yang belum matang benar karena kandungan buah kedondong yang belum matang benar ini sangat tinggi serat dan air. Sementara buah kedondong yang matang kandungan sukrosanya tinggi sehingga menambah jumlah kalori di dalamnya.

2. Buah Kedondong Obat Batuk Alami

Untuk mengobati batuk, gunakan 3 buah kedondong yang telah dicuci bersih. Lalu parut dan peras airnya tanpa ditambahkan air. Berikan sedikit garam pada air perasan dan ramuan siap utnuk diminum 2 kali sehari. 


3. Buah Kedondong Penambah Energi dan Vitalitas Tubuh

Buah yang satu ini yakni Buah kedondong memiliki unsur gula dalam bentuk sukrosa yang bermanfaat sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh.

4. Buah Kedondong Obat Anemia 

Kandungan zat besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 mg, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah.

5. Buah Kedondong Sebagai Obat Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh 

Kaya akan kandungan vitamin C yaitu 30-50 mg dalam 100 gram buah kedondong sehingga rajin mengkonsumsi buahnya dapat membantu proses regenerasi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

6. Daun Kedondong Bermanfaat Sebagao Obat Borok  dan Luka Terbakar

Daun kedondong juga digunakan secara tradisional untuk mengobati obat borok, luka perih dan luka terbakar.

7. Daun Kedondong Bermanfaat Mengatasi Diare 

Untuk mengatasi diare, gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.

8. Buah Kedondong Bermanfaat Sebagai Pemeliharaan Saluran Pencernaan dan Diet 

Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran cerna.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Kedondong dan Manfaatnya | Saharuddin | 5