Klasifikasi Kawista dan Manfaatnya

Advertisement
Klasifikasi Kawista dan Manfaatnya
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Limonia
L.
Spesies: L. acidissima

Kawista (Limonia acidissima syn. Feronia limonia) adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan (Rutaceae). Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya ini sudah jarang dijumpai meskipun sekarang beberapa daerah mulai mengembangkannya. Kawista relatif tahan kondisi buruk (kering atau tanah salin) dan tahan penyakit. Asalnya adalah dari India selatan hingga ke Asia Tenggara dan Jawa.
Kawista dapat digunakan sebagai batang bawah bagi jeruk dalam teknik sambung pucuk, namun teknik ini dapat memengaruhi rasa buah jeruk yang dihasilkan. Buah jeruk semacam ini dikenal sebagai "kajer" (dari "kawista" dan "jeruk") dan bisa ditemui di Galis, Madura.
Di Aceh, kawista dikenal dengan nama buah batok. Digunakan sebagai bahan campuran bumbu rujak Aceh dan sirup.
Di Kabupaten Rembang dikembangkan sirup kawista. Rasa mirip cola
Orang Jawa menyebutnya kawis.

Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan

Salah satu manfaat dari buah kawista adalah kemampuannya untuk menurunkan sakit panas dan menyembuhkan sakit perut. Selain itu buah kawista juga bisa mengatasi haid yang berlebihan, mencegah gangguan hati dan mengatasi mual-mual.

Manfaat buah ini bisa dimanfaatkan saat dimakan sebagai buah segar, atau dijadikan campuran jamu. Saat disajikan sebagai sirup pun Kawista juga memberikan manfaat yang sangat besar.


Manfaat lain dari buah kawista adalah kemampuannya untuk mengembalikan stamina yang drop. Karena itulah buah kawista banyak juga dimanfaatkan sebagai tonikum untuk mengembalikan kesegaran tubuh.[dr].
Advertisement
Klasifikasi Kawista dan Manfaatnya | Saharuddin | 5